Rabu, 06 Mei 2009

RT-RW Net di lingkungan kita

Internet sudah merupakan kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa begitu saja diabaikan... sudah banyak disetiap rumah-rumah terpasang internet walaupun minimal menggunakan telkomnet instan... (tidaaaakkkk... not recommended) bahkan diHP-pun banyak pula orang mengaksesnya.

RT-RW net merupakan solusi untuk internet dilingkungan perumahan yang hemat dan murah, tetapi memerlukan biaya awal/investasi yang cukup besar. Jika dibandingkan dengan penggunaan Speedy secara personal, RT-RW net tetap merupakan solusi yang terbaik.

Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk membuat jaringan internet RT-RW net.
Persiapan non teknis : 1. Komitmen dan mental dari para anggota untuk membayar biaya investasi... (lumayan mahal loh), 2. Perumahan yang tidak mencar-mencar, diutamakan adalah komplek perumahan. 3. Rencana yang harus matang untuk instalasi kabel LAN kesetiap rumah. Disini ada kendala untuk instalasi kabel LAN kedalam rumah anggota.

Sedangkan persiapan teknis adalah sbb: Paket unlimited Telkom Speedy Executive (2 Mbps, Recommended) atau Biz (3 Mbps, Fastest Packet), Modem, Switch, Kabel UTP (perlu pengetahuan tentang kabel UTP yang banyak jenisnya), Connector RJ45, Kabel listrik & stop kontak, isolasi hitam, kawat anti karat yang dibutuhkan sebagai penopang kabel LAN antar tiang listrik, klem kabel. Peralatan yang dibutuhkan adalah: gunting, tang, obeng kembang+minus, obeng tester listrik, Crimping tool pemasang konektor RJ45, cable LAN tester dan mungkin penting juga... laptop.

Teknis informasi kabel UTP & jaringan bisa dilihat di website : http://panjitapen.wordpress.com/2007/10/24/pasang-kabel-utp-rj45/

Ada yang menanyakan kecepatan internet RT-RW net... "kalo dishare banyak orang kecepatan bisa turun drastis donk...". Kalau menurut logika memang betul... tetapi faktanya tidak semua anggota akan online bersamaan. Kalau kita cek pada traffic modem, anggota yang aktif tidak lebih dari 10 orang pada waktu yang sama. Dan... kecepatan internet masih bisa kita nikmati dengan cepat dan murah.

Tidak ada komentar: