Sabtu, 24 Januari 2009

Mencintai Rasulullah

"Bagaimana sih cara mencintai Rasulullah, padahal beliau khan sudah lama telah tiada dan kita pun belum pernah melihatnya".

Inilah suatu sekilas pertanyaan, entah darimana...

Sebenarnya mudah saja cara mencintai Rasulullah... ikuti saja sunnah2nya !!! kalau yang wajib insya Alloh kita telah melaksanakannya, tetapi yang hukumnya sunnah dan kebiasaan sehari-hari rasanya kita belum tentu mengikutinya.

Apa saja sih yang kebiasaan yang sehari-hari itu ? wah... itu mah banyak banget, misalnya... apa yang paling sering dalam sehari kita lakukan ??? Masuk ke toilet !!! coba kita mulai sekarang ketika masuk toilet harus mengikuti sunnah Rasulullah.

Baca doa "ALLOOHUMMA INNIII A'UUZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITS" اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ artinya "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan perempuan."1, masuk dengan kaki kiri terlebih dahulu..., dan ketika didalam toilet dilarang berbicara apalagi sampai melafalkan ayat-ayat Alloh.

Setelah kita selesai urusannya, gunakan kaki kanan dahulu ketika kita melangkah keluar toilet. Setelah kita keluar bacalah doa "GHUFROONAKA" غُفْرَانَكَ artinya "(Mohon) ampunan-Mu."2.

Ini adalah salah satu contoh perbuatan mencintai Rasulullah, setelah kita terbiasa dengan yang satu tambahkan lagi kebiasaan-kebiasaan yang lainnya sehingga insya Allah semua kebiasaan kita akan dipenuhi oleh aktifitas berdoa. Artinya lagi aktifitas kita dihitung sebagai ibadah... sebagaimana firman Alloh dalam surat Adz Dzariat:56-58 "Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali beribadah (mengesakan ibadahnya) kepada-Ku, ..."

Catatan kaki:
1
Muttafaq alaih. HR Bukhari dalam Shahihnya (142 dan 6322) dan al-Adab (692), Muslim (375), Tirmidzi (5-6), dan Ibnu Majah (298). Al-Irwa (51). Selain menyebutkan doa ini, riwayat Said bin Manshur juga memuat bacaan Bismillah. Faidahnya sebagaimana disebutkan dalam hadits bahwa Bismillah merupakan pembatas aurat manusia dari pandangan jin.
Sumber: http://id.islam.wikia.com/wiki/Doa/masuk_kamar_kecil

2. Shahih. HR Bukhari dalam al-Adab (693), Abu Dawud (30/11), Tirmidzi (7), Ibnu Majah (300), Darimi (680), Ibnu Sunni (22), Hakim (1/158), Baihaqi (1/97), Ahmad (6/155:24694). Al-Irwa (52).
Sumber: http://id.islam.wikia.com/wiki/Doa/keluar_kamar_kecil

Tidak ada komentar: